Rolasan Liga Catur Indonesia

 

Apa itu Rolasan? Rolasan adalah suatu bentuk kebersamaan dalam acara, yang tentunya dalam hal ini adalah bermain catur bersama. Pairing rolasan adalah pairing 1-2, dimana pemain akan dilawankan dengan pemain lain yang ratingnya paling dekat dulu. Dan bahkan, skor tidak digunakan untuk pairing, artinya nilai skor misalnya 3, tidak akan dicarikan lawan yang skor 3, tetapi tetap mencari lawan yang paling dekat ratingnya. Anda pasti belum pernah bermain turnamen catur dengan model pairing seperti ini.

Mengapa?  Mengapa tidak? :) He he he. Coba bayangkan anda datang ke turnamen, tetapi kemudian anda harus melawan pemain yang 2 kali memiliki kemampuan dari anda? Hampir pasti kalah kan? Pertandingan "njomplang" atau berat sebelah dan anda tidak akan menikmati pertandingan tersebut. Itu mengapa kami Liga Catur Indonesia membuat ini, supaya kita semua bisa menikmati pertandingan dengan mencarikan lawan yang sepadan.

Kalau skor sama tidak saling adu, nanti banyak yang skor sempurna dong?  Bisa jadi, tetapi dalam rolasan kita memberi hadiah sesuai posisi yang sudah ditetapkan. Misalnya di awal kita tetapkan posisi #1, posisi #6 dan posisi #11. Yang berhak hadiah ya hanya yang mendarat di posisi itu. Kita menggunakan posisi Lichess dan Lichess akan menghitung tiebreakernya untuk penempatan posisi. Hampir seperti random, atau door prize saja.  

Apa tujuannya?  Liga Catur Indonesia ingin merangkul semua level pemain di masyaratak Indonesia, baik pemula, amatiran, pakar maupun master. Semua level. Dengan memberikan Rolasan, maka SETIAP pemain akan mempunyai kemungkinan yang sama untuk mendapat hadiah. Baik yang ada di papan bawah pun mereka akan mempunya kesempatan yang sama. Ini membuat turnamen catur bisa dinikmati semua kalangan, dan bukan hanya papan atas saja.

Mengapa dinamakan Rolasan?  Rolasan itu dalam bahasa Jawa berati 12-an, atau acara makan siang jam 12 saat istirahat bekerja. Rolas atau 1-2, juga sebagai pengingat bahwa pairing yang digunakan adalah 1-2. Dan tanpa melihat skor, kita menjadikan turnamen ini sebagai rasa kebersamaan kita bermain tanpa memandang status kita. Kita semua satu keluarga!

 

Gens Una Sumus