Klub-klub dalam Liga Catur Indonesia


Yang pertama, kami ingin menjelaskan bahwa Liga Catur Indonesia (LCI) bukanlah sebuah klub catur. Kami adalah wadah komunitas online pecinta catur Indonesia. LCI mencoba merangkul semua klub-klub catur di Indonesia dengan menyediakan sistem yang terintegrasi dengan Lichess dan mengadakan rutin turnamen-turnamen bertema Tim, baik Liga Catur Tim maupun Liga Catur 4x4.

Hari ini kami meluncurkan fitur baru dimana, anggota dapat bergabung ke dalam sebuah klub catur dalam naungan Liga Catur Indonesia. Perlu diingat bahwa kami memberikan regulasi (tatacara/aturan) dalam bergabungnya pemain dalam sebuah klub.

1. Anggota hanya boleh bergabung dalam SATU KLUB saja! Untuk bergabung, anggota terverifikasi klik bagian profile, dan pilih klub-nya. 

2. Tidak bisa dengan mudah anggota berpindah dari satu klub ke klub yang lain. Aturannya, kalau ingin keluar dari klub, minta ijin pemilik klub dan ada biaya administrasi dari Liga Catur Indonesia.

3. Pemilik klub berhak mengeluarkan anggota klub, jika tidak lagi menjadi anggota klub tsb.

4. Klub wajib menjaga kredibilitas pemain dan terutama pemilik dan admin klub. Jika pemilik klub kena pelat merah, dan tidak bisa kembali normal lagi akunnya, maka Klub tidak bisa lagi dalam naungan Liga Catur Indonesia.

5. Di Liga Catur Indonesia, definisi Klub tidak sama dengan Tim. Tim adalah kelompok pemain yang terikat dalam pertandingan. Sebagai contoh Tim Provinsi. Provinsi bukan klub, jadi pemain boleh barada dalam Tim Provinsi dan 1 Klub. Contoh Tim lain misalnya Tim Universitas. Sesuatu yang mengikat anda karena status anda, kecuali universitas tersebut mendeklarasikan sebagi sebuah Klub.

6. Jika ingin berpindah dari klub satu ke klub lain. Langkah pertama minta ijin pemilik klub lama. Langkah kedua menghubungi pihak LCI untuk mencopot status di LCI, dan kemudian baru bisa bergabung dengan klub baru. Ada biaya administrasi (10K) dari pihak LCI untuk memindah pemain ke klub lain. Untuk bergabung pertama kali, gratis bebas.

7. Jika pemain keluar dari Klub lama atau dikeluarkan oleh pemilik, maka pemain kembali ke publik dan tidak memilik Klub. Pemain tersebut jika akan bergabung ke Klub lagi (atau lain Klub) maka dikenai biaya administrasi (10k) dari pihak LCI.

8. Karena akun yang terverifikasi hanya satu, maka anda hanya bisa bergabung dalam satu klub saja! 

9. Anggota Liga Catur Indonesia tidak perlu memakai akun lichess dengan initial nama klub. Ini kebiasaan yang tidak ada fungsinya, kurang baik dan tidak membantu Lichess. Jika sudah terlanjur, tidak apa, tidak perlu ganti (duplikasi lagi).

10. Jika anda memiliki Klub Catur dan ingin bergabung, silahkan hubungi admin. Nama Klub sopan, tidak SARA. Memiliki group WA, website, atau tempat komunikasi sangat dianjurkan. Kami akan memiliki halaman khusus buat klub.

11. Klub dilarang menambahkan WA pemain/anggota LCI tanpa ijin pemain ke WAG Klub. Etikanya, anggota (pemain) join Klub dulu, artinya menyatakan bahwa dia bersedia gabung Klub, kemudian baru invite ke WAG tsb. Menambahkan nomor telpon (WA) dari list WAG yang anda ikuti ke WAG sendiri adalah tindakan tidak beretika. 

12. Klub bisa memiliki WAG yang terdaftar dan boleh dipromosikan ke WAG LCI sehari sekali. Hubungi admin untuk mendaftarkan alamat WAG anda.

13. Jika admin klub terkena pelat merah, maka dihitung satu kesalahan. Jika ada 3 kesalahan, maka Klub tidak bisa lagi dalam naungan Liga Catur Indonesia.

14. Ke depannya, Liga Catur Indonesia akan lebih aktif mengadakan turnamen-turnamen Liga Catur antar Klub. Jika definisi turnamen adalah Liga Antar Klub, maka pemain hanya bisa bergabung dengan Tim milik Klub tersebut.

 

 

Gens Una Sumus