Tiebreaker apa itu dan mengapa berbeda

Apa itu tiebreaker? Dalam catur (dan kompetisi lainnya) ada istilah tiebreaker, dan biasanya terlihat dalam standings (klasmen), misalnya Median, Solkoff, Cumulative, dsb. Apa itu? Tiebreaker adalah angka atau perhitungan yang digunakan untuk menghitung posisi ketika skor sama. Gampangannya, kita ambil contoh dalam sepak bola, ketika jumlah nilai menang, draw dan kalah sama, maka digunakan angka lain untuk menghitung posisi. Di piala dunia, digunakan tiebreaker 1 = selisih goal, tiebreaker 2 = jumlah goal, tiebreaker 3 = head to head skor. Begitu kira-kira gambarannya.

Mengapa posisi standings di Lichess room dan Liga Catur Indonesia berbeda? Berikut alasannya. Yang pertama kerena perhitungan tiebreaker-nya berbeda. Yang kedua karena LCI menghilangkan pemain yang bukan anggota (atau pemain yang belum cukup total game-nya). Yang ketiga tidak ada perbedaan dalam hal hadiah. Yang keempat, jika ada perbedaan hadiah antara tiebreakers, maka di depan/deskripsi sudah dijelaskan mana yang akan dipakai setelah turnamen selesai. Contoh, deskripsi mengatakan juara satu akan dapat hadiah $1. Di semua turnamen LCI, maka jika posisi satu itu memiliki skor katakan 5, dan ada skor 5 yang lain di posisi 2+, maka hadiah akan dibagi. Jadi posisi ditaruh di mana saja, ketika skor sama maka hadiah akan dibagi.

Mengapa Liga Catur Indonesia menghilangkan pemain yang bukan anggota atau yang belum cukup total gamenya? LCI menghilangkan pemain yang bukan anggota dari standing karena memang tujuan utama turnamen buat anggota saja. Pemain yang jumlah gamenya kurang, juga belum bisa menerima hadiah. Kenapa? Karena biasanya, ini biasanya lho ya, pemain yang tidak mau mendaftar, identitasnya tidak mau diketahui, pemain baru, pemain yang jumlah game-nya masih sedikit, pemain yang baru daftar kemarin kemudian menang di semua babak, itu adalah pemain-pemain yang belum stabil dan gampang kena pelat merah. Itu yang kami mencoba hindari. Ini soal fair play saja.

Hadiah sayap pakai posisi mana? Biasanya di depan/deskripsi sudah dijelaskan, untuk sayap kita menggunakan posisi podium Lichess. Ketika kita mendeskripsikan "Posisi Podium Lichess" maka yang akan digunakan adalah posisi perhitungan di Lichess. Ini supaya enak lihatnya saja.

Kapan hadiah dibagi sesama skor? Hadiah akan dibagi sama dengan skor sama, ketika hadiah tersebut bisa dibagi. Biasanya hadiah uang, itu akan dibagi sama dengan skor yang sama. Mengapa? Regulasi dari federasi. Dan menurut pendapat saya, tiebreaker itu tidak adil jika digunakan untuk membagi hadiah uang.

Kapan hadiah tidak dibagi sesama skor? Biasanya jika hadiah tersebut adalah title/gelar yang tidak bisa dibagi. Misalnya juara nasional. Hadiah sayap termasuk tidak bisa dibagi. Makanya biasanya di depan sudah ada deskripsi standing (tiebreaker) mana yang akan digunakan.

Saya posisi 5 di Lichess, kenapa saya ada di posisi 8 di standing LCI? Kalau posisi 5 di Lichess itu dapat hadiah (uang), pakai standing yang mana saja anda akan dapat hadiah. Kalau posisi tersebut tidak dapat hadiah, maka pakai standing yang mana saja, maka tidak ada hadiahnya. Perbedaan posisi standings di Lichess dan LCI, secara umum tidak ada bedanya karena tidak mempengaruhi hadiah atau kualifikasi lainnya.

Posisi saya nomor 2, di Lichess, kenapa kok hadiahnya sama dengan posisi 3 dan atau di bawah saya? Kalau skor anda sama dengan posisi di bawah anda, maka hadiah dibagi. Sama seperti di Kursi Empat, pemain A dapat skor 2.5, pemain B dapat skor 2.5, hadiah dibagi dua tanpa lihat tiebreaker yang lain.

 

Gens Una Sumus