Ruang Ngobrol di Marroha Klasik

Marroha Klasik adalah sebuah ajang bermain catur (turnamen tanpa hadiah) yang kami selenggarakan tiap hari. Marroha dalam bahasa Batak berarti berpikir, dan Klasik dalam istilah catur digunakan untuk pertandingan yang menyediakan kontrol waktu relatif lama. Tujuan ajang ini ditujukan untuk pemain yang ingin main menikmati catur, dan pemain yang ingin berpikir dalam. Santai tapi serius.
 
Waktu pikir G30+10 (20 menit per partai plus 10 detik tiap langkah). Jadi kira-kira 80 menit selesai setiap babak. Satu hari satu babak. Kontrol waktu ini relatif lama, dan jika anda ingin meninggalkan papan sementara (lebih dari 5 menit), tinggalkan pesan di papan/chat agar lawan anda tahu kalau anda masih aktif dan memainkan papan.
 

Ruang Ngobrol

 
Ada beberapa fasilitas menarik di lichess yang mungkin jarang kita ketahui. Salah satunya adalah "ruang ngobrol" atau "chat room". Kalau kita buka lichess lewat laptop, letaknya di sebelah kiri papan catur. Kalau dari HP Android letaknya di bagian bawah papan catur sehingga untuk melihatnya kita harus scroll layar kebawah.
 
Apa gunanya Ruang Ngobrol ini? Banyak!
 
Di blitz memang jarang dipakai, karena begitu papan blitz terbuka kita langsung main. Sat seeet sat set selesai. Buka papan baru lagi dan seterusnya. Kalau main partai panjang dan santai seperti Marroha Klasik fasilitas chat ini bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan lawan main. Misalnya jika kita ada kepentingan dan ingin meninggalkan papan catur maka lebih baik tulis di chat "tunggu 10 menit ya saya ada perlu". Ini secara etiket lebih sopan daripada meninggalkan lawan menunggu tanpa kejelasan.
Atau sekedar berkenalan dengan lawan juga bisa, seperti kita ngobrol dengan lawan dipertandingan catur offline atau darat. Silakan pakai fasilitas chat.
 
Di sebelah tab "ruang ngobrol" ada tab "catatan". Isi catatan disini hanya bisa dilihat oleh kita sendiri dan fungsinya untuk menulis analisa sewaktu barmain. Misalnya Ada langkah baru dari lawan yang mengejutkan, kita bisa tulis. Contohnya: 12. Bd2!? N Langkah ini baru untuk saya. 
 
Jadi setelah partai selesai, kita bisa melihat dan menganalisa jalan pikiran kita sewaktu bermain. Ini berguna untuk pemain yang ingin belajar dan memperbaiki permainan caturnya.
 
Ini salah satu kelebihan main catur klasik. Ayo mari coba ikut turnamen Marroha Klasik