Tulisan ini diterjemahkan dari posting Thibault Duplessis, pemilik lichess.org

Ini naskah aslinya: How To Cheat

 

Cara Berbuat Curang Dalam Bermain Catur

Catur itu sangat berat dan memusingkan, sampai akhirnya kamu punya punya ide cemerlang!

Daripada pusing memikirkan langkah untuk dirimu sendiri, mengapa tidak menggunakan bantuan komputer (engine/jin) untukmu sendiri? Bukankan itu mengapa komputer (Jin) diciptakan? Untuk mengerjakan hal-hal yang berat buat otak kita.

 

Sangat disayangkan, banyak orang memiliki pikiran tersebut setiap hari, dan itu menghancurkan permainan catur itu sendiri. Semua kesenangan dan kebanggaan itu semua karena kita dapat dari bermain bersama-sama sebagai sebagi manusia yang tidak sempurna. Bermain melawan engine (Jin) akan sangat berbeda, dan itu bukan yang kita cari bersama dalam komunitas catur online ini.  

Ayolah, jangalah berbuat curang. Kamu tidak akan mendapat apa-apa dari kecuranganmu, dan itu hanya akan membuat pengalaman buruk bagi semua orang di sini, dan termasuk kamu juga. Lichess adalah organisasi nirlaba yang dibangun dan dijalankan oleh orang-orang yang sebagian besar bersifat gotong royong (tidak dibayar), dan jika kamu berlaku curang maka kamu menyia-nyiakan banyak waktu yang mereka telah berikan.

Bermain curang adalah hal yang dilarang di Lichess (+ dan di semua catur online). Kamu sudah tidak seharusnya mendapat bantuan orang lain termasuk Jin dalam memainkan permainanmu. Kamu dilarang menggunakan bantuan komputer (engine/Jin) untuk mengevaluasi langkah-langkahmu selama bermain dan mendapat bantuan langkah terbaiknya buatmu. Melakukan hal tersebut, anda akan hanya mendapatkan akunmu terkena pelat merah (dilarang bermain lagi).

Lebih baik daripada bermain curang, mengapa tidak kamu mencoba belajar bagaimana menang dengan usahamu sendiri. Akan membutuhkan waktu lebih lama, tetapi kamu akan bangga dan lebih terpuji.

Kami menghabiskan waktu dan tenaga untuk memastikan permainan ini dilakukan secara adil bagi semua orang di Lichess.org. Jika kamu mencurigai ada pemain yang bermain curang, laporkan kepada kami di halaman ini, atau klik tombol lapor di halaman akun mereka. Kami pasti menindaklanjuti laporanmu.

Terima kasih, dan selamat bermain dalam ketidaksempurnaan permainanmu.

 

Tambahan Komentar dari kami Liga Catur Indonesia:

Kami tidak bisa melihat setiap senti gerakan anda ketika bermain catur di Internet, tetapi kami percaya bahwa setiap kecurangan di dunia ini pasti akan ada akibatnya. Mendapatkan status pelat merah (This account violated the Lichess Terms of Service) dari lichess adalah bisa diakibatkan dari tindakan-tindakan berikut ini:

1. Bermain menggunakan bantuan engine (Jin) komputer untuk menganalisa.

2. Bermain menggunakan jasa orang lain (joki/anggota keluarga), atau membeli akun milik orang lain.

3. Melakukan manipulasi rating baik naik atau turun. Memainkan 2 akun milikmu untuk memanipulasi rating.

4. Melakukan kekalahan disengaja untuk kebutuhan tertentu (skor, rating turun, atau mengejar target total games).

5. Akun bersama. Satu akun dipakai oleh banyak orang.

6. Berlagak bodoh, kemudian menunjukkan kemampuan sebenarnya dengan tujuan tertentu. Contoh: Jika anda sudah mempunyai kemampuan level master, membuka akun baru di lichess tetapi pura-pura bodoh dan mencoba pelan-pelan menaikkan rating kemudian beberapa minggu kemudian anda mempunyai kemampuan tingkat master, anda bisa dikenai pelat merah. Jadi saran kami, main apa adanya saja. Kalau master ya bermainlah seperti master sejak awal. Kalau memang lagi belajar ya belajarlah dan jangan pinjamkan akun anda ke orang lain.

7. Duplikasi akun yang berlebihan dengan alasan tidak tepat. Lichess melarang kamu membuat akun baru hanya untuk masuk ke klub catur karena ini akan mengakibatkan duplikasi data di pihak Lichess (ingat lichess itu organisasi nirlaba dibangun dengan gotong royong banyak orang).

8. Penutupan akun baik oleh pihak Lichess maupun oleh pemain, kami anggap sebagai pelanggaran aturan di Liga Catur Indonesia. Penggantian akun tidak bisa dilakukan secara otomatis dan memakan waktu, dengan syarat akun lama masih terbuka.

Gens Una Sumus (kita semua adalah satu keluarga)