Turnamen Bersayap dari Liga Catur Indonesia

Kemarin, server Lichess mengalami masalah. Salah satu turnamen yang diselenggarakan Liga Catur Indonesia di Lichess Swiss tidak berjalan dan harus dibatalkan. Kami menghubingi pihak Lichess dan bertanya mengapa. Mereka mengalami gangguan di server mereka, dan mengakibatkan sebagian besar turnamen yang terjadwal skitar jam 8-9 mengalami gangguan.

Lichess adalah organisasi nirlaba (tidak mengambil keuntungan) dan tidak mempunya iklan sama sekali di website mereka. Lichess juga dibangun secara gotong royong oleh developer dan volunteer dari seluruh dunia. Berapa ongkos Lichess menjalankan semua servernya secara gratis? Angkanya fantastis! Kalau dirupiahkan sebesar 7 milyard rupiah per tahun! Tengok anggaran belanja mereka di link ini:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1Si3PMUJGR9KrpE5lngSkHLJKJkb0ZuI4/preview

Marilah kita bersyukur bahwa banyak tangan membantu Lichess menjalankan servernya. Wujudkan rasa syukur tersebut dengan memudahkan operasional mereka, termasuk dengan tidak curang.

Liga Catur Indonesia mempunyai komitmen untuk membantu Lichess, dan kami kadang menyelenggarakan Turnamen Bersayap. Turnamen bersayap adalah turnamen yang kami tambahi hadiah dimana para pemenang turnamen akan menerima Logo Sayap (tanda terima) dari Lichess atas dana patron yang diberikan. Hari ini kami memberikan sayap kepada para pemain di bawah ini:

 

 

Gens Una Sumus