2022-23 National Online Scholastic Quick Championships


(American) National Online Scholastic Quick Championships adalah turnamen pelajar tingkat National yang diselenggarakan tiap tahun oleh federasi catur zona America atau US Chess. Turnamen ini adalah turnamen resmi yang juaranya akan mendapat gelar US National Champion (Juara Nasional Amerika) dan dibagi menjadi beberapa group:

  • High School. Atau kalau di Indonesia disebut SMA yang kelasnya dari kelas 9-12.
  • Menengah. Atau kalau di Indonesia disebut SMP yang kelasnya dari kelas 7-8.
  • Dasar. Atau kalau di Indonesia disebut SD yang kelasnya dari kelas 4-6.
  • Dasar Awal. Atau kalau di Indonesia disebut TK and awal SD yang kelasnya dari kelas 0-3.

Alamat website tournament tersebut adalah: https://nationals.chess.stream/

Turnamen ini rencana akan diselenggarakan tanggal 12-13 November 2022, dan kami Chess Stream (atau kalau di sini dikenal juga sebagai Liga Catur Indonesia) adalah salah satu penyelenggara turnamen ini. Mengapa kami posting di sini? Karena Liga Catur Indonesia memberikan kesempatan putra-putri Indonesia yang masih duduk di kelas 0-12 untuk memiliki kesempatan bermain di ajang bergengsi ini di tingkat nasional Amerika. 

Untuk mengirim pemain terbaik dari para pelajar Indonesia ke ajang ini tidaklah murah. Walau turnamen ini bisa dimainkan dari kamar belajar putra-putri anda dengan hanya komputer, kamera dan internet, tetapi biaya pendaftarannya mencapai 1.5 juta rupiah untuk 1 pelajar.

Charlotte Grand Prix

Untuk itu Liga Catur Indonesia menyelenggarakan kualifikasi turnamen (Charlotte Grand Prix) yang pemenangnya akan kami kirim (tentunya secara online) ke turnamen (American) National Online Scholastic Quick Championships tersebut hanya dengan biaya pendaftaran Rp. 15000 (tidak lebih dari makan siang kita). Kami akan mengirim 4 pelajar yang akan kami kirim ke 4 kategori:

- Kelas 0-3. Juara Charlotte Grand Prix kelompok ini akan mendapat kesempatan bermain di tingkat nasional Amerika.

- Kelas 4-6. Juara Charlotte Grand Prix kelompok ini akan mendapat kesempatan bermain di tingkat nasional Amerika.

- Kelas 7-8. Juara Charlotte Grand Prix kelompok ini akan mendapat kesempatan bermain di tingkat nasional Amerika.

- Kelas 9-12. Juara Charlotte Grand Prix kelompok ini akan mendapat kesempatan bermain di tingkat nasional Amerika.

Ada catatan penting yang harus diingat:

- Pemain yang kami kirim harus bisa bermain menggunakan komputer, kamera samping dan sharing screen. Panitia akan membuka Zoom (Virtual Room) dan pemain-pemain diwajibkan masuk ke ruangan tersebut. Jika tidak sanggup, mohon tidak perlu ikut.

- Jadwal pertandingan adalah jadwal tidur putra-putri anda! Kantuk adalah salah satu musuh pelajar Indonesia untuk bermain di zona Amerika. Jadi jika tidak sanggup mohon tidak perlu ikut. 

- Untuk zona Amerika, tidak ada hadiah uang (medali saja). Tetapi pemenang Charlotte Grand Prix akan ada hadiah uang, tetapi kesempatan bermain di zona Amerika tidak bisa diuangkan. Jika pemenang Charlotte Grand Prix tidak sanggup bermain di zona Amerika, kesempatan diberikan ke podium di bawahnya.

- Tidak bermain curang. Menggunakan joki (perantara atau anggota keluarga lainnya), menggunakan engine (bantuan komputer) adalah tindakan yang sangat tidak terpuji. Jika pelajar Indonesia terkena pelat merah dari Lichess, kita semua di sini yang malu.

- Tidak ada batasan rating atas dan tidak ada batasan rating bawah. Semua rating boleh ikut. Untuk Charlotte Grand Prix kami mewajibkan minimal sudah memainkan 50 games di lichess. Jangan sembarang mengejar 50 games kalau akun baru, karena bisa kena pelat merah kalau 1-2 langkah menyerah terus.

- Jika dikirim ke zona Amerika, pemain tidak hanya mewakili Liga Catur Indonesia, tetapi juga akan mewakili sekolah karena diwajibkan untuk mencantumkan nama sekolah ketika bertanding.

 

 

Untuk jadwal, persyaratan dan bagaimana Liga Catur Indonesia menjalankan Charlotte Grand Prix, lihat di halaman turnamennya.

 

Gens Una Sumus