USCF Untuk Pemain Indonesia

 

USCF adalah singkatan dari United States Chess Federation. Ini adalah federasi catur milik United States of America. Pemain Indonesia tingkat national yang pernah berkunjung ke US dan bermain di sana, biasanya memiliki keanggotaan di USCF, karena setiap pemain diwajibkan memiliki USCF ID. Malaupun beroperasi di wilayan zona America, USCF memiliki keanggotaan yang bersifat ONLINE ONLY, yang artinya jika anda bermain online dan ingin memiliki keanggotaan USCF, hal tersebut terbuka. Silahkan kunjungi website milik USCF: uschess.org.

Bagi pemain yang tidak memilik title seperti IM, GM, keanggotaan USCF tidak gratis. Online Only membership di USCF iurannya adalah $20/tahun dan ini harus dibayar di awal keanggotaan. Dapat apa menjadi anggota USCF online only? Di internet ada online tournamen yang mewajibkan pemainnya memiliki USCF ID yang masih berlaku karena sifatnya USCF rated atau di-rating oleh USCF. Misalnya National Online National Online Scholastic Quick Championships, turnament USCF rated di lichess, chess dot com atau ICC yang bersifat online. Contoh pemain Indonesia yang memilik membership ini adalah: Samantha EdithsoNopriyadi Tan, Dandi Lembong, MC Lukito dan Akbar Adriano. Juga yang memiliki USCF tetapi yang bukan online only adalah: Irine Kharisma Sukandar, Cahyono Nugroho, RJ Raynoe dan masih banyak lagi. Klik tiap nama untuk melihat catatan main mereka di USCF turnamen yang mereka ikuti.  

Bagaimana cara mendapatkan Online Only membership milik USCF ini? Membership ini sudah (mungkin sementara) tidak ditampilkan di halaman depan website mereka untuk dibeli, tetapi jika anda ingin mendapatkan kenanggotaan ini silahkan hubungi admin Liga Catur Indonesia.

 

Gens Una Sumus