Mengapa saya kena Pelat Merah, apa itu Pelat Merah di Lichess?

Permainan catur lewat internet memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Kelebihan yang sudah pantas kita syukuri adalah anda tidak perlu menuju ke lokasi untuk bermain, artinya biaya akomodasi seperti bensin, biaya parkir, uang makan di lokasi tidak ada. Praktis, kita bisa melakukannya dari mana saja termasuk dari tempat tidur sebelum tidur. Syukurilah itu. Wujudkan rasa syukur itu dengan menjaga integritas permain catur online tersebut. Kekurangannya apa? Pemain dengan mudah dan sangat mudah melakukan kecurangan jika pemain tidak mempunyai integritas dan harga diri. Kemungkinan kecurangan tidak bisa dihilangkan bersih 100% sampai kapan pun. Secanggihnya teknologi untuk mengurangi kecurangan online, pasti ada celahnya. Lupakan itu, mari kita menjaga integritas permainan yang kita cintai ini dengan bermain tidak curang.

Apa itu pelat merah? Pelat merah adalah istilah orang Indonesia untuk menyebut status dari pihak penyedia catur online (dalam hal ini Lichess terutama) yang dikenakan kepada satu akun. Bahasa Inggrisnya adalah "Violated of Term and Services" yang artinya akun tersebut telah dianggap melanggar aturan yang sudah ditetapkan dan sudah disetujui oleh pemakai ketika membuka akun. Ini contoh gambar akun yang terkena pelat merah.

Kita bangsa Indonesia kadang malas membaca. Bahkan ketika ada turnamen dengan 1 paragraph aturan sebagai deskripsinya jelas, tidak jarang pemain menanyakan hal yang ada ditulis di paragraph tsb. Itu baru 1 paragraph, belum lagi aturan-aturan (term) yang harus kita baca sebelum buka akun. Ya malas baca detailnya, nggak dong, nggak apa. Tetapi kita harus tahu apa yang menyebabkan kita dianggap curang, karena anda mungkin tidak tahu semuanya. Untuk itu tulisan ini menjelaskan apa sih yang dianggap curang?

1. Bermain menggunakan bantuan engine (komputer), atau komunitas catur kita menyebutnya Jin (makhluk halus pembantu manusia mewujudkan nafsu duniawi). Contoh, tangan kiri memegang HP main di Lichess, tangan kanan memasukkan langkah di komputer, komputer memberikan jawaban terbaik, tangan kiri melangkah, begitu seterusnya. Lho kok Lichess bisa tau?

2. Bermain dengan menggunakan jasa orang lain, baik Joki, pelatih, teman, ataupun anggota keluarga lainnya. Sederhana ya kelihatannya? Ya, tetapi itu dilarang. Jangan dilakukan. Menerima jasa orang lain untuk menaikkan rating anda dan meminjamkan akun anda ke mereka adalah tindakan curang, titik. Membeli akun milik orang lain dan kemudian menggunakan untuk kita sendiri adalah tindakan curang, titik. Membiarkan akun dipakai anggota keluarga di dalam satu rumah, adalah tindakan curang, titik.  Lho kok Lichess bisa tau?

3. Melakukan pengaturan nilai/hasil dari sebuah pertandingan. Contoh, satu dua langkah draw. Satu dua langkah, menyerah. Jika anda diberikan papan untuk bermain, bermainlah dengan pikiran anda sendiri dan berusahalah untuk menang, karena itu tujuan sebuah pertandingan. Berlebihan kalah (sandbagging) untuk memanipulasi rating, adalah tindakan curang.

Lho kok Lichess bisa tau? Lichess dan berbagai penyedia catur di Internet mengembangkan algorithma untuk mendeteksi kecurangan pemain. Banyak sekali yang bisa menjadi angka ukuran ketika kita bermain catur, mulai dari langkah, cara melangkah, waktu melangkah, lokasi anda, browser yang ada, dan masih banyak sekali. Algorithma ini sudah diakui oleh banyak pihak, termasuk US Chess Federation. Kita tidak perlu pusing kok mereka tau? Yang penting dari kita, bermain apa adanya dan menggunakan otak kita.

Lichess butuh bukti? Tidak, lichess punya data dan data tersebut tidak perlu disajikan secara publik. Itu sudah ada dalam perjanjian mereka dengan anda ketika membuka akun tersebut.

Demi Allah/Tuhan saya tidak melakukan semua itu! Kenapa saya kena pelat merah. Jika itu terjadi, dan pertanyaan itu muncul dari lubuk hati anda yang paling dalam, silahkan menghubungi Lichess langsung untuk menyanggah (naik banding) keputusan tersebut. Berikut ini linknya: https://lichess.org/appeal#help-root Tentu ada aturannya juga, misalnya akun jangan ditutup, biarkan semua pihak melihatnya. Kalau tidak ada yang mencurigakan kenapa harus ditutup. 

Saya orang tua, anak saya (pelajar) terkena pelat merah di Lichess. Bagaimana menyikapinya? Begini, saya mengibaratkan engine (program pembantu catur) itu obat, dan kalau obat itu disalah gunakan, jadinya seperti penyalah gunaan obat-obat terlarang. Penjualan "obat" ini terkesan normal oleh anak-anak kita, "Hey, ayuk aku bantu main di Lichess, sini aku pakai akunmu, nanti ratingmu naik, bangga lho!" begitu ajakan "para penjual obat terlarang ini". Biasanya anak kecil yang masih muda di Internet dan jam terbang main caturnya belum banyak sangat tertarik dengan ajakan itu, gratis apalagi. Persis seperti obat terlarang, sedikit demi sedikit otak mereka akan sangat tergantung oleh orang lain (obat) dan akhirnya Lichess menyatakan akun telah menyalahi aturan. Demi Allah/Tuhan anak saya genius, tidak mungkin pakai "obat" itu. Bagaimana menyikapinya? Duduklah dengan anak anda dengan kepala dingin dan bicarakan baik-baik dengan anak anda. Satu cara membuktikan anak anda genius bermain catur, bermainlah di darat. Sampai jumpa!

 

 

Gens Una Sumus